Minggu, 20 Februari 2011

materi kelas 7 : media komunikasi jaman dulu

media komunikasi zaman dulu masih sangat sederhana apabila di bandingkan dengan alat komunikasi yang ada pada saat ini.Alat komunikasi tersebut terbuat dari bahan bahan yang ada di alam.
seperti:

1.Kentongan

kentongan merupakan media komunikasi paling kuno di indonesia,terkenal sejak jaman kerajaan Demak ,Mataram,Surakarta,Dan Jogjakarta.
kentongan juga terkenal didaerah lain seperti jawa timur dan jawa barat. Kegunaan kenttongan adalah untuk memberitahukan warga atau masyarakat bahwa telah atau akan terjadi sesuatu . Tanda atau kode,yang di gunakan berbeda beda antara satu peristiwa,dengan peristiwa yang lainnya..Kegunaan kentongan pada masa kerajaan di gunakan untuk menyampaikan perintah raja kepada rakyatnya. para pamong memukul kentongan maka rakyat berkumpul pada suatu tempat untuk mendengarkan perintah raja . kentongan besar yang terbuat dari kulit binatang di sebut bedug . Bedug biasanya di letakan di masjid untuk memberitahukan bahwa waktu shalat telah tiba,

2.Asap

Nenek moyang, dulu menggunakan asap untuk media komunikasi karena asap di kenal dapat mengirimkan suatu pesan rahasia pada orang lain . Asap di kenal sebagai media komunikasi suku indian di amerika. Berkomunikasi dengan asap tidak memiliki kode standar ,misalnya satu kepulan asap dapat berarti suatu peringatan,dua kepulan asap dapat berarti bahaya,dan tiga kepulan asap dapat berarti masalah atau meminta bantuan.

3.Prasati

Komunikasi surat menyurat secara sederhana sudah ada sejak zaman kerajaan kutai,Taruma negara, Majapahit,Pejajaran ,Sriwijaya,dAN mAtaram. Kegiatan surat menyurat masih terbatas hanya antar kerajaan saja,.Media yang di gunakan untuk menulis surat tersebut ,antara lain kulit kayu,kulit bambu,daun lontar,tulang binatang ,labu hutan,dan lempengan batu atau lebih di kenal dengan prasasti. Prasasti adalah dpiagam yang tertulis pada batu,tembaga dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar