Rabu, 16 Februari 2011

materi kelas 8 : mengenal microsoft excel

Mengenal tampilan microsoft excel

Sebelum mulai memasuki pembahasan Microsoft Excel, ada baiknya kita mengenal lebih dulu bagaimana tampilan Microsoft Excel itu, beserta beberapa istilah umum yang akan digunakan. Beberapa istilah umum yang diberikan pada gambar dibawah ini akan banyak digunakan dalam pembahasan selanjutnya, sehingga akan lebih baik bila kita mengingatnya.

Keterangan Gambar

1 Title Bar  : berfungsi menampilkan nama file danprogram yang sedang dijalankan.

2 Menu Bar : Toolbar ini memuat seluruh perintah untuk Microsoft Excel, yang juga tersebar dalam toolbar lain.

3 Toolbar Standar : Toolbar ini lebih diarahkan untuk me-manage file yang diwakili melalui icon seperti New untuk membuka book baru, Open untuk membuka kembali book yang ada, save untuk menyimpan data, Print untuk mencetak ke kertas, dan lain lain yang insya allah akan kita uraikan pada bahasan tersendiri.

4 Toolbar Formating : Berisi perintah perintah dalam Excel untuk editing teks seperti jenis huruf, ukuran huruf, ketebalan, perataan dan penggabungan sel, serta terdapat juga fasilitas untuk fungsi matematis dan operasi aritmetika, dan lain-lain.

5 Toolbar Formula : Menampilkan nama sel yang aktif atau yang sedang kita kerjai, serta menampilkan fungsi atau formula yang sedang kita garap.

Column Header atau Kepala Kolom : Terdiri dari 256 kolom atau A s/d IV  dan berbentuk vertikal.7 Row Header atau Kepala Baris : Terdiri dari baris 1 s/d 65536 dan berbentuk horizontal.

8 Sheet atau Lembar Kerja : berisikan Lembar kerja yang sedang aktif biasanya ini terdiri dari tiga lembar kerja dan lembar kerja ini saling berhubungan karena terbentuk dalam satu nama file.

9 Control Window atau Kontrol Jendela Excel : Berisikan perintah Close; menutup aplikasi microsoft excel, minimize; memperkecil jendela microsoft excel, Maximize membuat jedela microsoft excel satu layar penuh, restore down; membuat jendela microsoft excel separuh layar.

10 Scrollbar Vertical : Menggulung lembar kerja secara vertikal atau dari atas kebawah dan sebaliknya.

11 Scrollbar Horizontal : Menggulung lembar kerja secara horizontal atau dari kanan kekiri dan sebaliknya.

12 Cell Pointer : Sebagai penunjuk posisi sel aktif.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar